Prodi Teknik Industri Lolos dalam tim PKM Kewirausahaan

Category: Berita | Posted date: 2017-07-19 11:14:25 | Posted by: Admin User


Boya Kampungan Lolos PKM Kewirausahaan


Prodi Teknik Industri Lolos dalam tim PKM Kewirausahaan


Diawal tahun 2017 Sekolah Tinggi Teknik Qomaruddin (STTQ) kembali berbangga, dikarenakan tim dari Prodi Teknik Industri kali ini berhasil lolos seleksi pendanaan oleh Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Belmawa Kemenristekdikti). Program Kreatifitas Mahasiswa Kewirausahaan (PKM-K) diikuti oleh 5 mahasiswa yaitu Mishbahul aziz, Ah.sabiq Syafnal Ladzad, Imam Khunaifi, Nuril Hidayati Ningsih dan Fajrul falakhul arifin dengan judul "BOYA KAMPUNGAN" merupakan inovasi baru makanan berbahan dasar buah pepaya yang praktis dan sehat karena menggunakan boya kampungan ini terbuat dari bahan-bahan alami dan tanpa bahan pengawet.

Pepaya merupakan buah yang kaya akan vitamin A dan C yang baik untuk kesehatan kulit dan menjaga kesehatan mata, kandungan zat oksidan yang tinggi pada buah pepaya dapat membantu oksidasi kolestrol membantu menurunkan resiko serangan jantung dan stroke, namun sejauh ini belum ada warga Gresik yang dapat memanfaatkan sumber daya ini secara maksimal.hal ini yang membuat kami berfikir untuk mencoba untuk membuat abon buah pepaya  sehingga kita dapat memperoleh manfaat buah pepaya dengan bentuk olahan yang berbeda.

Sebab itu kami memiliki ide untuk mengolah pepaya ini sebagai makanan modern yang digemari oleh semua kalangan masyarakat sehingga warga Gresik dapat meningkatkan kualitas perekomian mereka, karna abon biasanya dibuat dari daging sapi,ayam,atau ikan. “BOYA KAMPUNGAN” merupakan inovasi baru makanan berbahan dasar buah pepaya yang praktis dan sehat,karena menggunakan bahan-bahan alami dan tanpa bahan pengawet. Kami ingin memperkenalkan lebih luas mengenai buah pepaya pada masyarakat luas. Bukan hanya sumber daya yang kita miliki, tetapi kami juga ingin menunjukkan pada masyarakat luas bahwa pepaya yang kita kenal sebagai makanan penutup atau cemilan bisa kita buat sebagai pendamping lauk makanan, sebagai olahan jajanan modern yang digemari oleh semua klalangan usia. Serta menjadikan “BOYA KAMPUNGAN” ini sebagai peluang bisnis makanan yang menjanjikan dan bisnis ini sangat potensial untuk berkembang. Karena bisa menjadi sarana untuk mengembangkan kemampuan berwirausaha bagi mahasiswa. ”BOYA KAMPUNGAN” kami kembangkan dengan memperhatikan aspek praktisnya. Kami juga mengembangkan abon pepaya ini dengan varian rasa dan tampilan. Diantaranya : abon rasa pedas dan rasa gurih.

Pelaksana kegiatan pada Program Kreatifitas Mahasiswa Kewirausahaan merupakan mahasiswa Sekolah Tinggi Teknik Qomaruddin Gresik. Juga melibatkan masyarakat sekitar yang tidak memiliki pekerjaan. Untuk bahan baku tersebut dapat diperoleh langsung dari pekebun atau petani, sehingga bahan baku yang diperoleh masih tetap segar. Target pemasaran dimulai dari warga pesisir utara Gresik dan akan dikembangkan ke daerah lain diwilayah Gresik dan sekitarnya. Dalam pemasarannya dilakukan dengan dua cara yaitu online dan offline. Pemasaran online dilakukan melalui jejaring sosial seperti facebook dan twitter. Sedangkan pemasaran offline dilakukan dengan cara promosi langsung ke lapangan.