Visitasi Akreditasi Prodi Teknik Industri STTQ Gresik

Category: Berita | Posted date: 2019-01-16 12:09:43 | Updated date: 2019-01-16 17:50:06 | Posted by: Admin User


Akreditasi Prodi Teknik Industri


Visitasi Akreditasi Prodi Teknik Industri STTQ Gresik

GRESIK, STTQ 2018

Serangkaian proses persiapan akreditasi, mulai dari persiapan, penyusunan borang hingga pengiriman hasil laporan borang ke SAPTO pada Bulan Maret 2018 lalu dan tibalah saat ini Program Studi Teknik Industri STTQ Gresik menyambut para Asesor dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Kedatangan dua orang asesor tersebut yakni Dr.Ir. Anas Ma'ruf., M.T. (Institut Teknologi Bandung) dan  Dr. Ir. HOTNIAR SIRINGORINGO, M.Sc. (Universitas Gunadarma), yang ditugaskan beragendakan visitasi dari BAN-PT di kampus STTQ Gresik guna untuk menjalankan tugas proses penilaian akreditasi terhadap Program Studi Teknik Industri Sekolah Tinggi Teknik Qomaruddin (STTQ) Gresik.

Visitasi yang berlangsung selama satu hari pada hari Jumat, 13 Juli 2018 yang di awali dengan penyambutan dari Pimpinan Yayasan Pondok Pesantren Qomaruddin (YPPQ) yakni Bapak Anang, S.T., di Ruang Aula Yayasan Qomaruddin selanjutnya sambutan kedua dari Bapak Ajir Muzakki, S.T Selaku Ketua Sekolah Tinggi Teknik Qomaruddin. Usai penyambutan para asesor pun meberikan sedikit sambutan kecil perkenalan sedikit sekilas tentang penilaian akreditasi.

“Pertama kali asesor melakukan proses penilaian institut terlebih dahulu yang didampingi oleh pimpinan STTQ dan bersama jajarannya turut mendiskusikan berbagai hal terkait gambaran secara umum di lingkungan STTQ. Kemudian asesor melakuan penilaian terhadap Prodi Teknik Industri dengan melakukan diskusi ke Ketua Prodi Teknik Industri yakni Suparno, S.T.,M.T  dan Iksan, S.T.,M.T selaku Sekretaris Prodi Teknik Industri. Asesor pun agenda selanjutnya peninjauan sarana dan prasarana di Prodi Teknik Industri salah satunya fasilitas laboratorium, yang terdiri 1) Laboratorium Sistem Kerja dan Ergonomi; 2) Laboratorium Optimasi; 3) Laboratorium Sistem Manufaktur. Kemudian proses akreditasi selanjutnya dilanjutkan dengan agenda melibatkan beberapa alumni, user, atau pengguna lulusan dan mahasiswa di lingkungan prodi teknik industri”.

Sebelum menghadapi proses akreditasi kali ini Suparno mengaku bahwa pihaknya dan tim borang akreditasi telah melakukan persiapan sejak 3 bulan sebelum akreditasi dimulai, dengan membagi tugas kepada masing-masing tim akreditasi. Pihak yang bertanggung jawab terhadap tiap standart adalah dosen teknik industri. Tiap dosen memiliki tanggung jawab terhadap standart buku akreditasi yang sudah ditetapkan dari BAN-PT antara lain: 1) Visi, Misi, Tujuan dan Sasaran, serta Strategi Pencapaian; 2) Tata Pamong, Kepemimpinan, Sistem Pengelolaan, dan Penjaminan mutu; 3) Mahasiswa dan Lulusan; 4) Sumber Daya Manusia; 5) Kurikulum, Pembelajaran, dan Suasana Akademik; 6) Pembiayaan, Sarana dan Prasarana, serta Sistem Informasi; dan 7) Penelitian, Pelayanan/Pengabdian kepada Masyarakat, dan Kerjasama. 

Pelaksanaan visitasi akreditasi berlangsung hingga larut malam yang merupakan bentuk totalitas dan kerjasama yang baik antara seluruh pihak yang terlibat baik dari prodi informatika, prodi elektro maupun prodi mesin. Tak kalah juga karyawan, mahasiswa tak luput juga membantu tim akreditasi industri berlangsung hingga selesai. Mengingat besarnya pengaruh akreditasi diharapkan mendapatkan hasil upaya maksimal dan mampu mengantarkan Prodi Teknik Industri lebih baik lagi. (@sofi)