Optimalisasi Strategi Pemasaran untuk Meningkatkan Laba Pada UKM Pembuatan Kerupuk di Desa Ngawen Kecamatan Sidayu, Gresik

Category: Berita | Posted date: 2016-09-15 19:07:44 | Posted by: Admin User


Pada Hari Selasa tanggal 07 Februari 2017, Salah satu kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi telah dilaksanakan oleh Program Studi Teknik Industri salah satunya kegiatan PKM di Desa Ngawen Kecamatan Sidayu.


Optimalisasi Strategi Pemasaran untuk Meningkatkan Laba Pada UKM Pembuatan Kerupuk di Desa Ngawen Kecamatan Sidayu, Gresik

 


Pada Hari Selasa tanggal 07 Februari 2017, salah satu kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi telah dilaksanakan oleh Program Studi Teknik Industri salah satunya kegiatan PKM di Desa Ngawen Kecamatan Sidayu. Jumlah peserta pelatihan adalah 46 orang yang mewakili empat dusun di Desa Ngawen, yaitu Dusun Ngawen, Dusun Raci Kuncen, Dusun Kebun Duwur dan Dusun Asem Manis. Kegiatan tersebut diantaranya pelatihan Cluster, Pelatihan ini diberikan dengan tujuan untuk memberikan pengetahuan kepada masyarakat bagaimana mengelompokkan objek-objek berdasarkan kesamaan karakteristik di antara objek-objek tersebut. Peserta pelatihan diperkenalkan bagaimana membuat rataan, membuat kuesioner, menentukan variabel yang akan diteliti, pengelompokan hierarki dengan dengan mengelompokkan individu berdasarkan kemiripan. Setelah dilakukan pelatihan analisis cluster selanjutnya Pelatihan dengan materi analisis SWOT dan Pembobotan menggunakan AHP kepada masyarakat desa ngawen. Pelatihan ini diberikan dengan tujuan untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat pelaku bisnis UKM terkait faktor internal dan eksternal yag akan sangat berpengaru dalam pemasaran. Faktor internal dan eksternal tersebut dapat dianalisis menggunakan SWOT yang terdiri dari faktor internal (kekuatan dan kelemahan) dan faktor ekternal (peluang dan ancaman) dalam usaha pengolahan kerupuk kerang skala rumah tangga di desa Ngawen Kecamatan Sidayu. Selain itu pelatihan dengan materi penentuan Strategi Pemasaran melalui Bauran Mix kepada masyarakat desa ngawen diberikan dengan tujuan untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat pelaku bisnis UKM terkait strategi yang akan dilakukan setelah empat faktor yang terdiri dari kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman tersebut terdefinisikan oleh perusahaaan. Pelatihan dengan materi Penentuan produk unggulan kepada masyarakat desa ngawen diberikan dengan tujuan untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat pelaku bisnis UKM terkait strategi yang harus dilakukan jika perusahaan memproduksi produk dengan variasi dan jumlah yang banyak. 

Galerry :